Cari

Agama Sebelum Adam | Ketika Dewa Utama adalah Perempuan


[Historiana] - Kali ini kita membahas Agama Sebelum Adam. Ada banyak hal yang tidak kita ketahui dan kita sadari bahwa peradaban awal manusia menganggap bahwa Dewa Utama atau Tuhan mereka adalah perempuan

“Sangat mengejutkan untuk menyadari betapa sedikit yang telah ditulis tentang dewa-dewa perempuan yang disembah pada periode paling kuno dari eksistensi manusia dan kemudian kita menghadapi kenyataan bahwa bahkan materi yang ada hampir sepenuhnya diabaikan dalam literatur populer dan pendidikan umum. . Sebagian besar informasi dan artefak tentang agama perempuan, yang berkembang selama ribuan tahun sebelum munculnya Yudaisme, Kristen, dan Zaman Klasik Yunani, telah digali dari tanah hanya untuk dikuburkan kembali dalam teks-teks arkeologi yang tidak jelas, dengan hati-hati disimpan jauh di tumpukan perpustakaan universitas dan museum yang dilindungi secara eksklusif. "
-Merlin Stone, When God Was a Woman-

Zaman Dewi-Dewi (Dewa Penguasa Dunia adalah Perempuan)
Naskah tertulis menjadi alat yang paling berguna untuk mengumpulkan sejarah tentang agama kuno. Tradisi lisan selalu berubah berdasarkan penyampainya dan hanya membutuhkan satu mata rantai dalam rantai generasi untuk mematahkan seluruh tradisi lisan yang kemudian hilang dari kehampaan.

Dengan revolusi tulisan, muncul kemampuan menulis membuat generasi masa depan dapat memahami dunia mereka dalam skala yang lebih besar. Sayangnya, data tersebut yang kita ketahui hanya sekitar 5% dari kisah peradaban manusia (atau 0,1% dari sejarah hominid). Tetapi ada aksesori lain dari umat manusia yang memberi kita pandangan sekilas ke kegelapan buta huruf manusia: patung atau berhala. Sepanjang seperlima terakhir dari kisah kita yang hilang tentang homo sapien, patung batu dari seorang wanita berpayudara besar yang diukir pada batu-batu lunak seperti steatite, kalsit, batu kapur, atau gading telah ditemukan di seluruh Eropa dan Asia.

Meskipun para arkeolog sangat enggan memberikan penjelasan definitif secara signifikansi budaya mereka, jawaban yang paling umum adalah bahwa mereka mewakili ikonografi agama. Apa yang membuat ini sangat luar biasa adalah bahwa hampir semua artefak patung dewi yang diketahui terdapat di seluruh Eropa dan Asia selama sekitar 15.000 tahun. Dengan silsilah semacam ini, patung-patung Venus tidak diragukan lagi merupakan praktik budaya yang paling luas yang digali oleh arkeologi. Apa keyakinan atau praktik budaya lain yang dapat mengklaim telah hilang begitu lama? Terlebih lagi, bagaimana praktik semacam itu bisa tersebar luas dalam waktu sebelum kota atau jalan atau bahasa tertulis yang dikenal? Tentu saja patung-patung Venus menunjukkan sentralisasi budaya jauh melampaui konseptualisasi manusia purba yang menyembah dewa-dewa yang berbeda dari suku yang satu terhadap suku lainnya.

Mayoritas patung-patung ini menyimpan fitur-fitur kunci yang dapat dikenali yang membuktikan solidaritas budaya: kepala berbentuk bola tanpa sifat, lengan kecil yang melengkung menutupi payudara besar yang melorot, perut buncit yang mungkin hamil, pinggul raksasa, dan bokong menyempit ke kaki dan melancip. Patung-patung "Venus" menggambarkan asal-usul yang asli, namun patung-patung tersebut telah ditemukan di seluruh Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, Swiss, Austria, Cekoslowakia, Turki, Israel, Timur Tengah, Rusia, dan sejauh timur Mal'ta (a sedikit di utara China). Dominasi yang luar biasa dari patung-patung feminin terhadap orang-orang maskulin memberikan bukti yang jelas bahwa representasi utama Tuhan untuk sebagian besar sejarah homo sapien adalah sejarah seorang wanita.

Beberapa patung Venus beasal dari Tahun 27.000 SM, tetapi sebagian besar dari mereka bertanggal antara 23.000 SM. dan 21.000 SM. Patung-patung terbaru yang ditemukan sekitar 12.000 SM. Yang paling terkenal dari Dewi-dewi Venus adalah Venus dari Willendorf, diukir sekitar 25.000 SM ditemukan Di Jerman ditemukan pada tahun 1908. Sekitar 350 patung dewi yang sama ditemukan di situs zaman batu di Israel yang berasal dari budaya Yarmukian, yang ada antara 5500 hingga 5000 SM, dekat kota pegunungan Har Meggido (diidentifikasi sebagai situs Pertempuran terakhir antara kebaikan dan kejahatan dalam Kitab Wahyu, memberi akar pada nama kata bahasa Inggris 'Ar-mageddon').

Secara umum diasumsikan bahwa payudara dan pinggul yang berlebihan dimaksudkan untuk menekankan kesuburan. Namun, pendapat lain yang pertama kali dikemukakan oleh Édouard Piette adalah bahwa bentuk tersebut mewakili karakteristik genetik yang dikenal sebagai Steatopygia, di mana sejumlah besar lemak disimpan di payudara dan pantat, mencapai perkembangan maksimum pada wanita selama kehamilan. Sifat genetik ini ditemukan di seluruh Afrika, di mana memungkinkan pemburu-pengumpul untuk menyimpan lemak selama musim kemarau ketika ada sedikit makan. Sering disertai labia memanjang yang dapat menggantung tiga atau empat inci di bawah bagian intim. Beberapa dari wanita ini diarak keliling Eropa sebagai pameran selama 1800-an. Sifat ini telah dipelajari paling teliti dalam "Bush Men" Khoi-san di Afrika selatan, di mana itu dianggap sebagai sifat keindahan. Bahkan telah dikemukakan bahwa preferensi yang dirasakan untuk posterior besar mendominasi di Afrika Amerika disebabkan oleh ciri keturunan warisan adaptasi kuno ini. Namun, koneksi yang lemah dan penjelasan lainnya; misalnya, telah ditunjukkan ada kesamaan mencolok antara Venus Willendorf dan seorang wanita hamil ketika dilihat dari atas.

Venus of Willendorf
Foto: Lost-Hystory.com
African Khoi-san exhibiting Steatopygia

Khoi-san memiliki jumlah keragaman genetika terbesar dalam mtDNA dibandingkan populasi manusia lainnya, setelah menyimpang dari pohon evolusi 100.000 tahun yang lalu, membuat mereka menjadi kelompok ras paling kuno yang dikenal di bumi.

Nama Khoi-san tidak diadopsi oleh para nomaden sendiri karena mereka hanya menggunakan nama-nama kelompok tertentu, tetapi diidentifikasi oleh Khoi-khoi. Khoi-khoi menyebut para pemburu Khoi-san karena "san" berarti "bukan kita," seperti "kita yang memiliki binatang peliharaan." Beberapa waktu sebelum tahun 400 M, Khoi-khoi dan San didorong ke gurun Khalhari yang ganas. Afrika Selatan oleh West African Bantu dan mungkin lainnya. Ketika penjajah datang, mereka membawa tombak dan kepala besi, dan sebagai bukti menunjukkan, domba dan ternak juga. Khoi-khoi mengadopsi pertanian dan penggembalaan domba, tetapi Khoi-san terus sebagai pemburu dan pengumpul.

Sistem kepercayaan mereka dari Khoi-Khoi bervariasi: banyak menyembah dewa langit tertinggi bernama Gauna, yang memimpin kehidupan sehari-hari dan dapat membunuh orang dengan panah dari belakang bintang, agak seperti Apollo, serta dewa penipu jahat yang bisa mengubah diri menjadi binatang dan kembali dari kematian. Beberapa melakukan ritual dan pengorbanan kecil kepada dewa langit sementara yang lain percaya sebaiknya tidak mencoba komunikasi karena takut memanggil dewa jahat. Roh kuno, yang berbeda dalam setiap kelompok sosial, dianggap lebih relevan dengan kehidupan spiritual. Seorang pemburu terkenal, dukun, dan pejuang dari mitologi Khoi-khoi bernama Heitsi, atau Heitsi-eibib, disembah sebagai dewa perburuan dan dikatakan lahir dari sapi perawan setelah memakan rumput ajaib. Berbagai mitos menceritakan bagaimana ia menipu seekor monster bernama Ga-gorib (gorib yang berarti "melihat") jatuh ke dalam lubang binatang ajaib itu sendiri, tetapi dalam versi lain ia dikatakan telah dibunuh oleh monster itu dan kembali dari kematian.

Tidak banyak yang dapat dibuktikan mengenai keyakinan mereka yang mengukir patung Venus ribuan tahun yang lalu, dan meskipun banyak karakteristik yang dimiliki bersama, ada keengganan besar untuk mengidentifikasi dia sebagai Dewi Bumi yang sama yang dikenal di seluruh Eropa Paleolitik dari 7.000 hingga 1.700 SM. Tetapi arti penting dari kurangnya variasi dalam patung-patung ini melalui sejumlah besar ruang dan waktu yang saya percaya menunjukkan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh kepekaan historis: monoteisme prasejarah. Ini tampaknya luar biasa karena pada awal kata tertulis, dunia hampir seluruhnya politeistik.

Bukti arkeologi pertama dari monoteisme yang dipraktikkan adalah pemujaan dewa matahari Aten di Mesir pada tahun 1300-an SM, dimulai oleh firaun “sesat”, Akhenaten, dan secara umum diyakini tidak terlalu jauh. Adam diperkirakan hidup pada 4004 SM, dan Abraham (Ibrahim), diyakini hidup sekitar 1600 SM, yang biasanya diberi kredit sebagai monoteis pertama. Hari ini sekitar 53% dari dunia percaya pada satu Tuhan karena revolusi monoteistik yang menyebar ke seluruh dunia barat dimulai dengan Yudaisme dan Zoroastrianisme sekitar dua milenium lalu. Meskipun Yudaisme sekarang hanya mencapai 0,2% dari agama-agama dunia saat ini (dan Zoroastrianisme membuat jauh lebih sedikit), revolusi monoteistik menyebar ke kedua agama Kristen (33%) dan Islam (20%), dan sekarang mempertahankan sedikit mayoritas dalam opini dunia.

Jika patung-patung ini benar-benar merupakan pusaka dari zaman monoteistik yang telah lama hilang, maka mungkin kita dapat berpikir bahwa di sana telah terjadi revolusi politeistik yang terjadi beberapa waktu sebelum bahasa pertama yang diketahui. Ini mungkin terkait dengan pembentukan kota-kota, di mana dewan kota mulai mengambil peran yang lebih besar dalam memusatkan pemerintahan, yang mencerminkan konsep "dewan dewa" yang mengatur dunia.

Dominasi ikonografi feminin juga harus mendorong kita untuk mengevaluasi kembali cara pandang sejarah pada manusia prasejarah. Bagaimana kita bisa mendamaikan bentuk pemujaan yang dominan feminin ini dengan potret umum kehidupan purba yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial kekerasan yang diperintah oleh laki-laki alfa naluriah yang mengikuti dorongan naluri kebinatangan dari Id Freudian mereka dan mengusir perempuan suku sebagai selir? Apakah wanita benar-benar dominan pada pria di beberapa usia matriarkal yang sudah lama hilang? Ataukah sosok itu tidak terlalu mengagungkan dewa yang sebenarnya tetapi lebih merupakan simbol kehidupan abstrak? Kurangnya informasi membuatnya kesimpulan yang ada bersifat spekulatif. 

Satu saran dari para cendekiawan yang memberikan jawaban psikologis atas pertanyaannya adalah bahwa sebelum institusi pernikahan dipopulerkan, poligami sangat biasa dan orang-orang sering tidak tahu siapa ayah mereka. Karena sang ibu adalah pengasuh utama, ia menjadi teladan yang paling umum dan figur otoriter untuk ditiru dalam konseptualisasi ilahi sampai pengembangan kota-kota dan sentralisasi masyarakat melahirkan keluarga inti dan mengalihkan otoritas kepada Bapa di kedua ilahi dan alam korporeal.

Meskipun hampir tidak semua kota kuno yang dikenal dalam sejarah kuno didominasi laki-laki, saya percaya bahwa ada bukti yang baik bahwa budaya ultra yang berpusat pada aspek feminin spiritualitas tidak segera mati dengan munculnya peradaban. Penggalian dari pemukiman Neolitik di Chatal Hyuk, Turki, sekitar tahun 6700 SM, telah memunculkan lebih banyak patung “ibu bumi” lebih dari dewa laki-laki, salah satunya adalah dewi besar duduk di singgasana diapit oleh dua singa. Ratusan patung beruang dewi telah ditemukan di sekitar Celtic Gaul dan Inggris dan diberi tanggal hingga 5.000 SM. 

Patung-patung menggambarkan seorang ibu beruang menyusui anaknya, yang telah memiliki hubungan lama dengan kesuburan wanita. Bahkan, istilah untuk "anak beruang" berasal dari hubungan ini dengan beruang, di mana kata Skotlandia untuk anak, "bairn," berasal dari kata Anglo-Saxon untuk beruang, "beran." Patung-patung Sumeria bertanggal sekitar 2.000 SM menggambarkan dewi kesuburan Inanna dengan fitur-fitur yang terlalu mirip dengan Venus menjadi seperti bukan sebuah kebetulan: payudara besar yang ditutupi oleh tangan kecil dan bentuk barbel sangat mengingatkan pada Venium prasejarah. Meskipun patung-patung Sumeria memiliki wajah pada mereka, lingkaran seperti manik-manik yang sama dari Venkat dapat ditemukan di sekitar kepala dan daerah kemaluan mereka. Ada juga banyak kontradiksi dalam sumber-sumber Sumeria tentang bagaimana Inanna cocok dengan pohon silsilah keluarga Sumeria, yang menunjukkan bahwa keilahian tertanam ke dalam mitologi pada waktu yang berbeda oleh orang yang berbeda. Tidak seperti kebanyakan dewa lainnya, yang berulang kali disebut sebagai dewa banteng, hewan totem Inanna adalah singa. Namun, hubungan antara patung Venus Paleolitik dan dewi "ibu bumi" dari Chatal Hyuk dan masyarakat Sumeria telah sangat ditentang, terutama karena tidak adanya bukti arkeologi di era Mesolithic antara 11.500 dan 7.500 SM.


Sebagaimana dijelaskan dalam bab sebelumnya, Inanna adalah bagian dari siklus kematian dan kelahiran kembali bersama dengan kekasihnya, Dumuzi, manifestasi awal dari Dionysus, yang melambangkan perubahan siklus antara musim panas dan musim dingin yang ada di balik liburan Paskah dan Natal. Bagi kaum Yahudi monoteis, Inanna adalah Ashtoreth yang keji, atau “Lady of Shame.” Penulis Kitab Wahyu menyebut dia sebagai “pelacur Babel.” Dalam bahasa Akkadia dari Epic of Gilgamesh, dia disebut Ishtar. Dia kemudian akan dikenal oleh orang-orang Siria sebagai Sybil, ke Asyur sebagai Mylitta, untuk orang Kanaan sebagai Astarte atau Asyera, untuk orang Mesir sebagai Hathor, untuk orang Het seperti Shaushka atau Ishtar, ke Yunani sebagai Aphrodite, ke Roma sebagai Venus , ke Norse sebagai Freya atau Ostara dan ke Saxon sebagai Eostre. Dari nama Anglo-Saxon inilah kita mendapatkan nama liburan kita sendiri yang menandai perubahan musim semi Musim Semi. Kelinci Paskah dan telur Paskah juga berakar pada simbolisme kesuburan kafir: kelinci karena reputasinya untuk mempercepat proliferasi dan telur karena berhubungan dengan kelahiran baru.

Penamaan patung-patung kuno setelah dewi cinta Romawi bukanlah upaya sadar untuk menghubungkan dewi kuno dengan Dewi Romawi. Nama ini terjebak setelah pertama kali digunakan oleh Marquis Paul de Vibraye pada tahun 1864 dengan nama Venus Impudique, atau “Venus Tidak Murni,” untuk menggambarkan patung dewi yang sangat rusak dan terutama yang tampak lebih ramping yang terbuat dari gading mammoth. Itu dimaksudkan untuk menjadi referensi ironis untuk istilah Venus Pudica, atau "Venus Sederhana," istilah yang digunakan untuk menggambarkan pose klasik dalam seni Barat di mana seorang wanita telanjang memegang satu tangan menutupi bagian pribadinya. Ini dibuat untuk kontras penggambaran anatomi feminin yang tidak malu pada patung-patung kuno dengan penggambaran modern "sederhana" dalam seni barat. Pose, bagaimanapun, bahwa tangan memegang atau menutupi payudara, sebanding. Jika mungkin untuk melacak dewi kesuburan dari prasejarah ke Sumeria, Kanaan, Het, Yunani, dan Roma, nama itu mungkin lebih tepat daripada yang dibayangkan Marquis.

Jika gagasan agama dewi hampir-universal berusia 15.000 tahun adalah konsep yang sulit untuk meyakinkan kita, maka pertimbangkan kemungkinan yang bahkan lebih membingungkan: figur feminin tertua yang telah ditemukan berasal dari Berekhat Ram, Israel, dan ditemukan antara lapisan gunung berapi berusia antara 800.000 dan 233.000 tahun yang lalu. Itu berarti patung itu diukir sebelum homo sapiens atau bahkan Neanderthal ada! Itu kemungkinan besar diukir oleh homo erectus. 

Patung itu adalah formasi batu yang terbuat dari tuf vulkanik yang memiliki kemiripan alami dengan seorang wanita, tetapi analisis mikroskopis telah menunjukkan bahwa seseorang telah mengukir lekukan untuk leher dan lengan. Patung lain yang ditemukan di kota Tan-Tan, di Maroko, Afrika, ditemukan pada tahun 1999, yang satu ini terbuat dari kuarsit dan pada satu waktu dicat dengan oker merah. Ini penting karena Venus Willendorf dan Venus Laussel juga tertutup oker merah. Neanderthal, serta "manusia modern" dari Chatal Hyuk kuno dikenal memiliki tengkorak berwarna dengan oker merah untuk tujuan kultus juga. Seperti figur Berekhat, gambar mirip manusia telah terbentuk di batu secara acak sebelum ditemukan dan ditingkatkan oleh alur untuk menekankan bahwa itu adalah penampilan antropomorfik secara alami. Meskipun jenis kelamin patung itu tidak pasti, dada bulat tampak membuatnya lebih mungkin menjadi perempuan. Yang ini bertanggal antara 500.000 dan 300.000 SM, jadi mungkin juga diukir dan diwarnai oleh homo erectus. 

Tidak ada bukti hubungan budaya apa pun antara ukiran awal ini dan patung-patung Venus yang kemudian, tetapi tampaknya luar biasa bahwa keduanya memiliki penampilan seorang wanita daripada seorang pria. Bahkan jika ada lusinan lebih banyak patung perempuan dengan kondisi serupa yang berasal dari zaman purbakala ini, masih hampir tidak mungkin untuk membuktikan jenis kaitan apa pun dengan yang belakangan, tetapi penemuan-penemuan itu membawa sorotan pada sebuah pertanyaan yang seharusnya tidak terpikirkan: Mungkinkah ukiran patung dewi kesuburan menjadi tradisi tak terputus yang bahkan lebih tua dari spesies itu?
 
Lihat juga versi videonya...

 

Sunan Ambu Seorang Dewi dalam Agama Sunda Buhun

Jarang sekali kita mengenal Sosok "Sunan Ambu". Kita sebagai orang Indonesia (Nusantara) bahkan orang Sunda sendiri tidak mengenalinya.

Sunan Ambu adalah sosok perempuan gaib penguasa khayangan dalam kepercayaan Sunda buhun. Namun peranannya lebih dari itu, karena sosoknya juga dianggap sebagai "ibu" dari kebudayaan Sunda. Arti Sunan Ambu sendiri berasal dari Bahasa Sunda Susuhunan Ambu, Susuhunan adalah "seseorang yang dimuliakan", sementara ambu bermakna "ibu". Maka dapat diartikan sebagai "Ibu yang dimuliakan", "Ratu Ibu" atau "Dewi Ibu", yang di dalam mitologi masyarakat Sunda yang bermakna sebagai "ibu" yang merawat tanah air serta lingkungan hidup yang harus dimuliakan.

Nama Sunan Ambu dapat ditemukan di cerita-cerita rakyat seperti "Lutung Kasarung" dan "Mundinglaya Dikusumah", yang menjelaskan bahwa penguasa kahyangan adalah sosok perempuan yang memiliki nama Sunan Ambu. Hakikat bahwa yang menjadi penguasa kahyangan adalah perempuan mungkin merupakan manifestasi dari kepercayaan asli Sunda Buhun sebelum masuknya agama-agama patriarki seperti Hindu.

Hingga zaman Hindu di tanah Sunda pun, Sunan Ambu masih memiliki tempat di hati masyarakat Sunda. Ia memiliki wilayahnya sendiri yang berbeda dari tempat tinggal manusia maupun dewa-dewi, yaitu Padang Tengah (kahyangan) dimana ia berkuasa atas para pohaci (bidadari) dan bujangga (bidadara).
 

Dewi Mytheeraa (Mitira)
Dewi Penguasa Bumi atau setara dengan penybutan budaya Nusantara sebagai "Dewi Pertiwi". Ia seorang penguasa Bumi.

Personalisasi dalam patung, Dewi Mytheeraa berbadan gemuk besar, Secara umum penampilan sama dengan pemaran di atas.

Saya belum menemukan referensi bahwa penguasa ghaib dalam kepercayaan kuno bangsa kita adalah wanita tua renta berbadan bongkok. Lalu.. dari mana kita mengenal bahwa sang ghaib penguasa bumi berwujud perempuan tua renta dan berbadan bongkok?
Baca Juga

Sponsor