Cari

Asal-usul Bangsa Indo-Arya

[Historiana] -  Penulis mengutip artikel tulisan Brahma Parimal berjudul "unity and Disunity". Ketangguhan dan toleransi yang besar dari masyarakat Indialah yang berkontribusi pada persatuan di tengah keberagaman yang menakjubkan. Ini adalah semangat kebersamaan dan toleransi, yang sebagian besar terlihat jelas dari ketidakhadirannya di daratan Eropa, yang telah menyatukan masyarakat India dari berbagai wilayah dan budaya, sementara individualisme dan separatisme ekstrem telah menandai evolusi nasionalisme Eropa.


Hingga baru-baru ini, para sejarawan dan politisi Eropa, khususnya Inggris, tidak dapat menerima gagasan bahwa India adalah satu 'bangsa' yang bersatu, dan menimbulkan keraguan serius terhadap persatuan, integritas, dan kebangsaan India. Beberapa dari mereka bahkan mengatakan bahwa India bukanlah sebuah negara, sebuah sentimen yang baru-baru ini juga mendapat tanggapan dari beberapa politisi terkemuka India. Bangsa Eropa tidak bisa disalahkan karena mereka terkondisikan oleh pengalaman disintegrasi Eropa sendiri.

Sama luasnya dengan India, Eropa (kecuali negara-negara bekas Uni Soviet), walaupun mempunyai kesamaan agama, ras, warna kulit, kepercayaan dan bahasa, belum bisa bersatu, sehingga terpecah menjadi kelompok-kelompok kecil dan masih tetap bersatu. dalam proses perpecahan sebagaimana dibuktikan dengan pecahnya Yugoslavia dan Cekoslowakia dan bahaya yang akan terjadi terhadap Inggris.

Orang-orang Eropa tidak pernah bisa membayangkan bahwa dengan keberagaman yang membingungkan di India – 1,4 miliar orang dengan semua kelompok agama besar, 121 bahasa utama termasuk 23 bahasa nasional dan 1.599 bahasa lainnya (lebih dari 19.500 bahasa ibu), 28 negara bagian federal dan 8 wilayah persatuan termasuk Jammu dan Kashmir, dan 3000 kasta dan 25.000 sub-kasta ~ sub-benua dapat bertahan sebagai satu negara. Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris pada masa perang yang tidak bisa menyembunyikan kebenciannya terhadap rakyat India secara terbuka menyatakan bahwa orang India tidak mampu mengatur diri mereka sendiri dan jika diberi kemerdekaan, disintegrasi akan segera terjadi.

Untungnya, hal seperti itu tidak terjadi dan semuanya terbukti salah. Bahkan setelah 75 tahun kemerdekaannya, India tetap menjadi negara demokrasi yang dinamis dan negara kuat yang membuat kemajuan besar dalam pembangunan ekonomi, sosial dan militer dan bercita-cita menjadi kekuatan dunia.

Hal ini dimungkinkan terutama karena komitmen India terhadap Konstitusi India yang luar biasa, yang dianggap sebagai konstitusi tertulis terpanjang dan terbaik di dunia. Konstitusi India sangat dijunjung tinggi sehingga ilmuwan politik terkenal, Sir Earnest Barker memulai Pengantar Teori Sosial dan Politiknya dengan mereproduksi Pembukaan Konstitusi India, dengan mengatakan bahwa prinsip-prinsip mulia tertinggi dalam pemerintahan telah diabadikan dalam Konstitusi India. Konstitusi India.

Konstitusi India sangat menekankan persatuan dan integritas bangsa sehingga menjadikannya sebuah 'Persatuan Negara' dengan Pusat yang kuat dan bukan Federasi yang longgar. Selain Pembukaan, Hak-Hak Dasar, Prinsip-Prinsip Petunjuk Kebijakan Negara, dan Kewajiban-Kewajiban Dasar berupaya untuk mendorong keselarasan dan kemajuan. Pasal 51A Konstitusi mencantumkan Kewajiban Dasar, yang salah satunya adalah “mempromosikan keharmonisan dan semangat persaudaraan bersama di antara seluruh masyarakat India tanpa melampaui keberagaman agama, bahasa, dan regional atau bagian.”

Ketangguhan dan toleransi yang besar dari masyarakat Indialah yang berkontribusi pada persatuan di tengah keberagaman yang menakjubkan. Ini adalah semangat kebersamaan dan toleransi, yang sebagian besar terlihat jelas dari ketidakhadirannya di wilayah Eropa, yang telah menyatukan masyarakat India dari berbagai wilayah dan budaya, sementara individualisme dan separatisme ekstrem telah menandai evolusi nasionalisme Eropa. Yunani kuno mempunyai sejumlah negara kota tetapi mereka terbatas pada wilayah yang sangat kecil di Mediterania.

Konsep negara-bangsa yang berdaulat di Barat bermula pada akhir abad ke-18 dan ke-19 setelah Revolusi Perancis (1789-1799) dan Perang Kemerdekaan Amerika (1775-1783). Sebaliknya, India dan Tiongkok, karena peradaban mereka yang terus berlanjut selama lebih dari 5000 tahun, telah menjadi negara berdaulat sejak dahulu kala meskipun ada invasi, pergolakan sementara, dan perubahan batas negara.

Ada perbedaan umum antara konsep nasionalisme Barat dan pandangan India tentang persatuan nasional. Konsep India berasal dari dan diintegrasikan ke dalam gagasan universalitas ~ cinta universal tanpa syarat dan kesejahteraan universal dan juga keselarasan dengan alam yang diabadikan dalam prinsip Weda: Vasudhaiva Kutumbakam (dunia adalah satu keluarga). Sarvebhavantu sukhina, sarvebhavantu niramaya (kesehatan bagi semua orang), bahujana sukhaya bahujana hitaya (kebahagiaan dan manfaat bagi semua) dan mantra Shanti ~ shantirantariksham … Prithvi shantirapa… vanaspataya shantir vishvedeva… (Kedamaian di mana pun di dunia batin dan luar angkasa). India telah menyambut semua orang.

Para penjajah, imigran, suku-suku nomaden, Zoroaster, Yahudi, Syiah, Sunni, Ahmediya, Muslim Bohra dan Kristen telah menemukan rumah di India. Penemuan Peradaban Lembah Indus dan terungkapnya kejayaan India kuno menunjukkan bahwa konsep satu bangsa Bharatvarsha dari Kashmir hingga Kanyakumari sudah ada bahkan sebelum zaman Weda.

Kemunduran (atau kehancuran!) Peradaban Lembah Indus, yang diberi nama baru sebagai Peradaban Harappa (3000-1700 SM), diikuti oleh gelombang migrasi yang diyakini berasal dari Asia Tengah oleh suku-suku nomaden yang menyebut diri mereka Arya. Tidak ada bukti ilmiah yang tersedia untuk memastikan penyebab pasti hilangnya peradaban perkotaan yang luas ini, yang sangat mirip dengan peradaban Mesopotamia. Menurut sebuah teori, pusat-pusat perkotaan musnah dan tenggelam setelah gempa bumi tsunami dan banjir. Namun hal ini tidak menjelaskan kehancuran secara bersamaan terhadap ratusan kota besar dan kecil yang tersebar di Gujarat, Sind, Baluchistan, dan seluruh Punjab hingga perbatasan Afghanistan dan Haryana hingga Delhi.

Teori kedua yang dikemukakan oleh arkeolog Sir Mortimer Wheeler, yang beredar hingga tahun 1950-an, adalah bahwa suku-suku Arya yang kuat yang datang secara bergerombol menyerbu Harappa dan menghancurkan pusat-pusat kota mereka, memaksa mereka melarikan diri dan membunuh orang-orang yang berperang.

Hal ini juga bukan suatu kemungkinan karena tidak ada bukti adanya perkelahian di mana pun di pusat kota. Pada tahun 1964, Ahli Indologi Amerika George F. Dales mengamati dengan cermat kerangka dan reruntuhan tersebut dan membuang teori ini sama sekali. Dia menulis: “Tidak ada tingkat kehancuran yang mencakup periode terakhir kota [Mohenjo ~ daro], tidak ada tanda-tanda kebakaran besar-besaran, tidak ada mayat prajurit yang mengenakan baju besi dan dikelilingi oleh senjata perang[dan] benteng, satu-satunya bagian kota yang dibentengi, tidak menghasilkan bukti adanya pertahanan akhir.”

Teori ketiga yang mendapat dukungan dari sejarawan modern dan Indolog adalah bahwa Peradaban Harappa tidak dihancurkan oleh invasi dan pendapat yang hampir disepakati adalah bahwa karena kekeringan yang sangat lama (mungkin lebih dari satu abad), masyarakat Harappa telah mengalami kehancuran. untuk meninggalkan dan mengevakuasi kota-kota yang tidak lagi berkelanjutan, dan bermigrasi ke daerah pedesaan Sind, Punjab, Gujarat, dan Haryana dan kemudian terserap ke dalam lingkungan Indo-Arya. Menariknya, beberapa simbol dan ciri peradaban Harappa telah ditemukan pada peradaban Dravida.

Bangsa Arya mulai berdatangan dalam beberapa gelombang sejak tahun 1900 SM dan selama abad-abad berikutnya, interaksi persahabatan dengan masyarakat adat yang memiliki budaya pasca-Harappan dan adopsi berbagai keterampilan asli seperti membajak merupakan suatu kemungkinan yang sangat mungkin terjadi.

Menantang Khyber Pass yang sulit dan berbahaya melalui Afghanistan, ribuan suku penggembala Indo-Arya menyeberang ke India dengan kuda dan ternak mereka dan awalnya menetap di wilayah Punjab. Dengan meningkatnya populasi dan pendatang baru, mereka memperluas wilayah mereka ke dataran Gangga di mana mereka mengkonsolidasikan posisi mereka pada tahun 1500 SM. Selama urbanisasi kedua, 16 Mahajanapad (republik, kerajaan atau kekaisaran) dan ratusan Janapad (kerajaan atau dewan yang lebih kecil) didirikan.

Mereka juga memperkenalkan sistem Panchayati, demokrasi di tingkat akar rumput, menjadikan India sebagai 'Ibu Demokrasi'. Dari penggembala, kelompok Indo-Arya mula-mula menjadi penggembala pertanian (transisi dari penggembala nomaden di gurun pegunungan ke surga musim hujan tidak tercatat di mana pun) dan kemudian menjadi penguasa dan tuan di sebagian besar anak benua. Siapakah orang Indo-Arya yang memerintah India selama kurang lebih 3000 tahun? Dimanakah tanah asal mereka?

Mengapa mereka bermigrasi dan datang ke India? Apa bahasa dan budaya mereka? Apa misi dan tujuan mereka? Pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya telah menimbulkan perdebatan dan kontroversi yang tiada habisnya. Ratusan buku, tesis dan artikel telah ditulis tentang asal usul dan kehidupan bangsa Indo-Arya. Sekelompok cendekiawan dan sejarawan sangat yakin bahwa bangsa Arya adalah penduduk asli India; mereka selalu ada di sini sejak Peradaban Harappa.

Fakta bahwa bahasa paling sempurna di dunia, Sansekerta, disusun di India, yang menjadi ibu dari semua bahasa Indo-Arya dan Indo-Eropa, menunjukkan bahwa orang Indo-Arya yang ditemukan di Eurasia telah bermigrasi dari India dan bukan sebaliknya. . Teori ini telah ditentang secara serius dan digulingkan oleh para sarjana Barat dengan mengutip berbagai bukti baru tentang kedekatan fisik dan budaya yang ditemukan pada orang Kaukasia. 

Pendapat konsensus menyimpang dari teori bahwa orang-orang yang berasal dari budaya Sintashta dan Andronovo ini bercabang dari Rusia selatan menuju India dan satu lagi ke Anatolia dan Mediterania. Menurut Friedrich Max Muller, Profesor Sansekerta Jerman terkemuka di Oxford, yang menyusun Weda, tampaknya bangsa Arya memiliki 'misi untuk menghubungkan seluruh belahan dunia melalui rantai peradaban, perdagangan, dan agama'.

Mereka adalah 'penguasa sejarah'. Sejarawan kontemporer lainnya menulis: “Mengingat luasnya penyebaran bahasa Indo-Arya, tanah air Arya segera dicari di suatu tempat di tengah-tengah daratan Eurasia. Kebanyakan sarjana menyukai stepa di Rusia selatan dan Ukraina atau tepi Kaspia. 

Penggembala nomaden, bangsa Arya membutuhkan banyak ruang. Oleh karena itu, dalam serangkaian migrasi besar-besaran, yang tersebar selama berabad-abad, mereka konon membawa bahasa mereka, ditambah dewa-dewa mereka, kuda-kuda mereka, dan ternak mereka, ke Iran dan Suriah, Anatolia dan Yunani, Eropa Timur dan India Utara” (John Keay, India: Sebuah Sejarah, halaman 21). 

Meskipun hal ini secara umum diterima sebagai kisah nyata, peristiwa-peristiwa dan perkembangan-perkembangan tertentu juga sama membingungkannya ~ kehadiran suku-suku penggembala, tinggi dengan ciri-ciri tajam seperti Toda di Nilgiris; suku-suku dengan ciri-ciri mirip Arya di pedalaman Karnataka, yang masih mengikuti budaya dan agama prasejarah aslinya; desa-desa terpencil tertentu di Andhra Pradesh dimana penduduk desa hanya berbicara dalam bahasa Sansekerta; konsentrasi besar orang-orang Indo-Arya di ujung Selatan ~ Andhra, Karnataka, Kerala dan Sri Lanka dan studi luas bahasa Sansekerta dari Kashmir hingga pantai Kerala ~ yang memberikan kepercayaan pada teori bahwa orang-orang Arya selalu ada di sana dan merupakan penduduk asli. 

Harappa dan mengisi kekosongan yang diciptakan oleh kemunduran Peradaban Lembah Indus. Swami Vivekananda, eksponen terbesar agama Hindu di zaman modern, percaya bahwa 'bangsa Indo-Arya adalah penduduk asli India, dan tidak datang dari tempat lain'. 

Sumber: Primal, Brahma. 2023. "Unity and Disunity". The Statesman.com Diakses 13 Nopember 2023.

Baca Juga

Sponsor