Cari

Penemuan Arkeologi Arab Saudi Pra-Islam: Bir-Hima

Prasasti Bir-Hima, 100 km dari Najran Saudi Arabia. Foto: Screengrab from YouTube

Penemuan Arkeologi Arab Saudi pra-Islam tertua terkenal menulis di Arab Saudi, dari Tahun 470 Masehi, jelas menyebabkan beberapa kekhawatiran, mengingat sensitif dalam terkait Kristen dan Yahudi.

[Historiana] - Pada tahun 2014, peneliti dari ekspedisi Perancis-Arab mempelajari prasasti batu di selatan Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka telah menemukan teks tertua ditulis yang dalam huruf Arab. Tapi mereka melakukan penelitian ini dengan sangat hati-hati, mungkin karena naskah tersebut adalah sesuatu yang sensitif atau memalukan bagi beberapa pihak.

Ukiran-ukiran pada batu pasir pada tebing-tebing di sekitar Bir Hima - situs ini berada 100 kilometer sebelah utara dari kota Najran, yang selama ribuan tahun telah terpampang dengan ribuan prasasti dan mudah dilihat oleh wisatawan yang lewat dan diketahi pemerintah. Mudah, setidaknya dua dari petroglyphs Arab awal yang ditemukan tanggal di kalender kuno, dan ahli epigraphists dengan cepat mengetahui bahwa naskah tertua menunjukkan tahun 469 - 470 Masehi.

Penemuan yang sensasional: prasasti kuno paling awal ini masa tulisan Arab pra-Islam dengan usia setidaknya setengah abad kemudian seperti yang telah ditemukan di Suriah, yang menunjukkan bahwa huruf yang digunakan untuk menulis Al-Quran telah dikembangkan jauh dari tempat kelahiran Islam dan nabinya.

Namun pengumuman penemuan itu sangat hati-hati. Beberapa media Prancis dan Arab memberitakan, penemuan prasasti tersebut sebagai "missing link" antara hruf Arab dan huruf sebelumnya digunakan di kawasan itu, seperti Nabatean. Sebagian besar artikel berita-berita disertai dengan foto dari situs arkeologi atau prasasti kuno lainnya: hampir mustahil untuk menemukan gambar prasasti online atau referensi ke konten yang sebenarnya dari teks.

Panorama Bir-Hima: saudi-archaeology.com

Thawban bin Malik, orang Kristen
Hanya dengan menggali laporan 100 halaman panjang musim arkeologi diterbitkan pada bulan Desember oleh Perancis: Académie des Prasasti et Belles-Lettres - yang mendukung penelitian - apakah mungkin untuk menemukan dan mempelajari lebih banyak tentang hal itu?

Menurut laporan, Prasasti Arab tersebut tertulis di batu persegi besar, hanya sebuah nama, "Thawban bin Malik," diikuti dengan tahun.....

Apa yanf didapat? Nah, ada masalah besar, SALIB Kristen menghiasi kepala prasasti ini. Salib yang sama sistematis muncul serupa untuk periode yang sama saat digunakan orang-orang kristen.

Di balik rendah pengumuman penemuan, hampir bisa merasakan perasaan campur aduk pejabat Saudi dihadapkan dengan penemuan penting untuk warisan mereka. Tampaknya untuk mengetahui dan menelusuri asal-usul huruf yang digunakan untuk penulisan kitab suci Islam dalam prasasti itu ternyata seorang Kristen, sekitar 150 tahun sebelum munculnya Islam.

kekhawatiran lebih lanjut mungkin muncul ketika menyadari bahwa teks-teks ini tidak hanya warisan dari komunitas Kristen yang berjumlah besar di kawasan itu masa lampau, tetapi juga terkait dengan kisah sebuah kerajaan Yahudi kuno yang pernah menguasai lebih luar untuk jazirah Arab melebihi dari apa yang sekarang masuk wilayah Yaman dan Arab Saudi.

Yahudi vs Kristen di padang gurun
Sementara Qur'an dan tradisi Islam kemudian tidak membuat keterangan tentang keberadaan komunitas Yahudi dan Kristen di seluruh semenanjung Arab di masa Muhamad (sebelum dan sesudah kenabiyannya), gambaran umum yang digambarkan pra-Islam adalah salah satu dari kekacauan dan anarki. wilayah digambarkan sebagai didominasi yang disebut sebagai zaman Jahiliah - kebodohan - pelanggaran hukum, buta huruf dan kultus pagan barbar.

Satu dekade sesaat sebelum dimulainya kalender Islam (ditandai dengan Muhammad "hijrah" - migrasi - dari Mekah ke Madinah pada 622 M) yang ditandai dengan melemahnya masyarakat dan negara terpusat di Eropa dan Timur Tengah, sebagian karena wabah pandemi dan peperangan gencarnya antara kekaisaran Bizantium dan Persia.

Representasi suram dari Arab pra-Islam itu kurang gambaran yang akurat, tampaknya, dari metafora sastra untuk menekankan pemersatu dan kekuatan mencerahkan pesan Muhammad.

Pemeriksaan ulang karya-karya Muslim dan penulis sejarah Kristen dalam beberapa tahun terakhir, serta menemukan seperti yang ada di Arab Saudi, yang menghasilkan gambar yang jauh lebih rumit, yang mengarah ulama untuk menemukan kembali sejarah yang kaya dan kompleks wilayah sebelum munculnya Islam.

Salah satu pemain kunci, tapi sering terlupakan, di Arab pada saat itu adalah kerajaan Himyar.

Didirikan sekitar abad ke-2 dan pada abad ke-4 telah menjadi kekuatan regional. Kerajaan berpusat di Yaman sekarang, Himyar telah menaklukkan negara-negara tetangga, termasuk kerajaan kuno Sheba (yang legendaris adanya queen Sheba (Ratu Saba) dalam pertemuan dengan Solomon (Sulaeman).
Dalam sebuah artikel terbaru yang berjudul “What kind of Judaism in Arabia?” -Seperti Apa Yudaisme/Yahudi di Saudi?" Christian Robin, seorang ahli prasasti Perancis dan sejarawan yang juga memimpin ekspedisi di Bir Hima, mengatakan sebagian ilmuwan sekarang setuju bahwa, sekitar 380 Masehi, para elit kerajaan Himyar menganut beberapa bentuk Yudaisme -ajaran Yahudi.

Bersatu dalam Yudaisme
Para penguasa Himyar mungkin telah melihat dalam Yudaisme kekuatan potensial pemersatu baru, kerajaan mereka yang beragam budaya, dan identitas untuk menggalang perlawanan terhadap penyebaran Kristen dari Bizantium dan Ethiopia, serta kerajaan Zoroaster dari Persia.

Tidak jelas berapa banyak penduduk  menganutnya, tapi apa yang pasti adalah bahwa di ibukota Himyari dari Zafar (selatan Sana'a), referensi untuk dewa pagan sebagian besar menghilang dari prasasti kerajaan dan naskah pada bangunan umum, dan digantikan oleh tulisan-tulisan yang mengacu pada dewa tunggal.

Menggunakan sebagian besar bahasa Sabean lokal (dan dalam beberapa diantaranya bahasa Ibrani), dewa ini alternatif digambarkan sebagai Rahmanan - Maha Penyayang - "Dewa Langit dan Bumi," "Allah Israel" dan "Lord of the Jews." doa memohon berkat-nya pada "orang Israel" dan mereka sering mengakhiri doa dengan shalom dan amin.

Untuk abad berikutnya, kerajaan Himyar memperluas pengaruhnya ke pusat Arabia, daerah Teluk Persia dan Hijaz (kawasan Mekah dan Madinah), sebagaimana dibuktikan oleh prasasti kerajaan raja-rajanya yang telah ditemukan tidak hanya di Bir Hima, di utara Yaman, tetapi juga dekat apa yang sekarang ibukota Saudi Riyadh.

Thawban Sang Martir
Kembali ke teks-teks prasasti Arab awal ditemukan di Bir Hima, tim peneliti Prancis-Saudi mencatat bahwa nama Thawban bin Malik muncul di delapan prasasti, bersama dengan nama-nama orang Kristen lainnya dalam apa yang mungkin merupakan bentuk peringatan.

Menurut penulis sejarah Kristen, sekitar 470 (tanggal prasasti Thawban), orang-orang Kristen dari kota terdekat dari Najran menderita gelombang penganiayaan oleh Himyarites (orang-orang Himyar). Para ahli Perancis menduga bahwa Thawban dan rekan-rekan Kristennya mungkin telah syahid. Pilihan tulisan Arab awal untuk memperingati mereka, dirinya sendiri, simbol kekuatan dari pemberontkan.

Huruf alfabet pra-Islam ini juga disebut Nabatean Arab, karena berkembang dari naskah yang digunakan oleh Nabatean, bangsa yang kuat yang membangun Petra dan mendominasi rute perdagangan di Levant dan utara Arabia selatan sebelum dianeksasi oleh orang Romawi di awal abad ke-2. Digunakan di gerbang Yaman, huruf utara ini akan terlihat kontras dengan prasasti yang ditinggalkan oleh penguasa Himyar asli.

"Penerapan tulisan baru mengisyaratkan menjaga jarak dari Himyar dan rekonsiliasi dengan sisa orang-orang Arab," para peneliti Perancis menulis dalam laporan mereka. "Prasasti dari Hima mengungkapkan gerakan yang kuat penyatuan budaya orang Arab, dari Efrat ke Najran, yang nampak dengan menggunakan tulisan yang sama."

Yusuf (Joseph) Sang Pemberontak
Tekanan luar yang tumbuh pada akhirnya mengambil tol mereka pada Himyar. Beberapa waktu sekitar tahun 500 Masehi, jatuh ke penjajah Kristen dari kerajaan Ethiopia Aksum.

Dalam upaya terakhir untuk kemerdekaan, di 522 Masehi, pemimpin Himyar Yahudi, Yusuf As'ar Yath'ar, memberontak terhadap tahta boneka penguasa oleh Negus dan untuk menyediakan tentara bagi kerajaan Aksum. Dia kemudian mengepung Najran, yang menolak untuk memberikan bantuan tentara, dan Aksum membantai sebagian penduduk Kristennya - kemartiran yang memicu kemarahan di antara musuh Yusuf dan serangan dari Kerajaan Aksum Ethiopia.

Pada tahun 2014, Perancis-Arab ekspedisi di Bir Hima ditemukan sebuah prasasti yang menjelaskan bagian Yusuf setelah pembantaian Najran dengan 12.000 orang menuju ke padang gurun Arab untuk merebut kembali sisa kerajaannya. Setelah itu, kita kehilangan jejak dia, tapi penulis sejarah Kristen mencatat bahwa sekitar 525 orang Ethiopia tertangkap dengan pemimpin pemberontak dan mengalahkan dia.

Menurut tradisi yang berbeda, raja Yahudi terakhir dari Saudi tewas dalam pertempuran, atau bunuh diri dengan mengendarai kudanya ke Laut Merah.

Pada abad berikutnya, Himyar adalah sebuah kerajaan Kristen yang terus mendominasi Arabia. Di pertengahan abad keenam, salah satu penguasa, Abrahah, pasukannya melalui Bir Hima, meninggalkan naskah batu gambaran dari gajah Afrika yang dipimpin pasukan yang dahsyat. Sebuah prasasti kemudian, tanggal 552 dan ditemukan di pusat Arabia, mencatat banyak lokasi dia menaklukkan, termasuk Yathrib, oasis padang pasir yang hanya 70 tahun kemudian dikenal sebagai Madinat al-Nabi (Kota Nabi)
Pasukan Kavaleri di situs Bir-Hima. Foto: saudi-archaeology.com

.
Apakah mereka 'Asli" Yahudi?
Satu pertanyaan besar tentang orang-orang Yahudi dari Himyar adalah jenis ritual Yudaisme di sana. Apakah mereka menghormati hari Sabat? Atau aturan Kosher?

Beberapa ahli, seperti abad ke-19 Yahudi-Prancis orientalis Joseph Halevy, menolak bahwa seorang raja Yahudi bisa menganiaya dan membantai orang-orang Kristen di sana, dan menolak Himyar sebagai milik salah satu dari banyak sekte di mana Kristen terbagi.

Robin, seorang ahli prasasti Perancis, menulis dalam artikelnya bahwa agama resmi Himyar dapat digambarkan sebagai "Yahudi-monoteisme" - "Sempalan Kecil Yudaisme" yang diikuti beberapa prinsip dasar agama ini.
Bir-Hima Petogroglyph. Foto: saudi-archaeology.com
Bir-Hima Petroglyph. Foto: saudi-archaeology.com
Bir-Hima Petroglyph. Foto: saudi-archaeology.com

Faktanya adalah bahwa beberapa prasasti yang ditemukan sejauh ini, bersama dengan tulisan-tulisan penulis sejarah kemudian, yang mungkin telah bias tentang bangsa Himyar, tidak memungkinkan para ahli untuk membentuk gambaran yang jelas tentang spiritualitas kerajaan.

Tapi ada cara lain untuk melihat pertanyaan itu.

Melalui kekuasaan Kristen dan Muslim, Yahudi terus menujukkan kehadirannya yang kuat di Semenanjung Arab. Ini jelas tidak hanya dari (sering konflik) antara Yahudi dengan Muhammad, tetapi juga dari pengaruh bahwa Yudaisme memiliki kepiripan ritual agama baru -Islam dengan adanyaPerintah dan larangan (Perintah: shalat, sunat, ritual penyucian (wudhu), haji, zakat, melarang: gambar dan makan daging babi) .

Di Yaman, jantung dari Himyar, komunitas Yahudi bertahan selama berabad-abad penganiayaan, sampai 1949-1950, ketika hampir semua anggota yang tersisa yang - sekitar 50.000 - diterbangkan ke Israel dalam Operasi Magic Carpet. Dan sementara mereka mempertahankan beberapa ritual yang unik dan tradisi, yang membedakan mereka dari Ashkenazi dan Sephardi Yahudi, tidak ada yang akan meragukan bahwa mereka memang, yang terakhir, keturunan Yahudi sangat banyak dari kerajaan yang hilang dari Himyar.
Baca Juga

Sponsor