Cari

Prasasti Pupus | Ratu Sanjaya Penguasa Mataram Kuno

[Historiana] - Oleh Alam Wangsa Ungkara. Salah satu sumber sejarah kuno yang utama adalah prasasti. Prasasti adalah artefak bertuliskan peninggalan manusia masa lalu. Prasasti sebagai data arkeologis dalam kajian epigrafi, menurut (Boechari 2012, 4), dapat digunakan sebagai data primer karena prasasti memiliki kedudukan yang penting sebagai sumber sejarah yang utama.

Prasasti memiliki kekuatan hukum karena dikeluarkan atas perintah seorang raja atau pejabat tinggi kerajaan. Prasasti adalah data tertulis yang ditulis oleh pelaku sejarah itu sendiri. Oleh karena itu, prasasti dianggap sebagai sumber sejarah yang utama.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam prasasti, kita dapat merekonstruksi struktur kerajaan, birokrasi, masyarakat, ekonomi, kesenian, hukum, agama, adat istiadat, dan kepercayaan pada zaman Indonesia kuno.

Jumlah prasasti di Indonesia sangat besar. Djafar (1985) menyebutkan jumlah yang ditemukan di Indonesia sekitar 900 prasasti. Tak dipungkiri jumlah prasasti mungkin terus bertambah hingga sekarang dengan berbagai temuan baru. Sebagian besar prasasti yang disebutkan di atas tersimpan di museum. Salah satunya adalah Museum Nasional Indonesia.

Prasasti Pupus (E.24) merupakan salah satu koleksi Museum Nasional yang sebagian isinya masih dapat dibaca dan memiliki lempengan yang utuh. Namun, Prasasti Pupus belum diteliti secara mendalam, hanya ada alih aksara saja.

Damais (1970, 47) menyebutkan bahwa Prasasti Pupus berangka tahun 822 Åšaka (900 M), tetapi disalin kembali (tinulad) pada tahun 1022 Saka (1100 Masehi) atau masa Kadiri.

Isi dari Prasasti Pupus menyebutkan tentang penetapan wilayah desa Pupus sebagai sima karena merupakan tanah yang diwariskan dari tokoh Rahyangta (mendiang) Sanjaya. Prasasti Pupus dipahat pada logam campuran tembaga, berbentuk persegi panjang. Prasasti terdiri atas dua lempeng. Lempeng pertama dipahat hanya pada bagian recto yang terdiri dari 14 baris. Lempeng kedua dipahat pada bagian recto dan verso yang terdiri dari 13 baris dan 10 baris. 


Prasasti Pupus Lempeng 1 (A)
Prasasti Pupus lempeng 2 (B): Wibowo and Rahayu, 2020.
 

Lempeng pertama berukuran 22,2 cm x 13,5 cm. Hanya bagian depan (recto) yang terpahat tulisan. Aksara pada prasasti ini berukuran kurang lebih 0,7 cm x 0,5 cm dan jarak antara aksara 0,3 cm dengan jarak antarbaris 0,7 cm. Kerusakan prasasti terlihat pada sisi bagian atas yang sudah aus sehingga baris pertama dari prasasti sulit dibaca. Beberapa bagian juga terkikis dan mengalami keretakan, tetapi aksara masih terlihat dengan jelas. Penulisan pada baris 2 hingga 3 terlihat patah-patah berbeda dengan baris 4 hingga 14 yang terlihat sangat tegas. 

Lempeng kedua berukuran 22 cm x 13,4 cm. Pada bagian depan (recto) dan belakang (verso) terpahat tulisan yang masing-masing berisi 13 dan 10 baris. Ukuran aksara kurang lebih 0,6 cm x 05 cm dan jarak antarbaris 1 cm. Jarak antaraksara 0,3 cm. Pada lempeng kedua, hanya terdapat retak di beberapa bagian, tetapi tidak merusak bentuk aksara. Pada tepi sisi bagian kiri lempeng (recto), baris 6 hingga 12 terkikis sehingga aksara awal terpotong. Bagian belakang (verso) mengalami patinasi di hampir semua bagiannya sehingga sulit dibaca. Beberapa aksara di antara baris 8 hingga 10 masih terbaca walaupun harus menggunakan kaca pembesar dan memerlukan penerangan yang prima.

Alih Aksara (Transliterasi) Prasasti Pupus


IA

  1. swasti sakawarsatita 1022 wdakamasa tithi suklapaksa
  2. julu~ pujut tatkllanikaIJ wan [w] a ri pupuah watek gwatuhumalang sinima de rahyangta samjaya lbak wukirnya~ohnyapare
  3. lmah tka rikalaif kalagyanya pailurumbiginya sima kaputrailSan de rahyanta satnjaya maryaya ta sira ma
  4. ka I ma su I 0 . . . ? sira pi~gir siri!J pif!he makurug sak~iniran manusuk sima i pupus pawel,tlla
  5. sira masira iipasak pageh patih i puluwatu i leIJ-ki posaka wineh pasek ma 10 patih ri kilipan ri kapatiha
  6. n yoga winel:i pagak ma 10 patih i watuhumalang rihu wanwa si hari puluh ~raya wineh pasek ma 10 ri SOWal(
  7. patih ri lampyar ri salaga huluwanwa wineJ:i pasak ma 10 akurug i wunkal humalang i <;luruk bak
  8. wineh pasak ma 10 rama kabayan i patebwan si subah rama ni bahan wineh wdihan bra /t/ ma 5 rama kabaya
  9. n i pinapan si naga rama ni gika wineh wdihan kalyaga brat ma 5 rama kabayan ni tunandulf si sarga rama ni na
  10.  ha wineh i wdihan ron paribu bra [t] ma 5 rama kabayan i limwan si gudah rama i wdar win eh wdihan suswan bra
  11. ma 5 rama kabayan ri sawyan si guna rama ni sinta rama kabayan ri paras si mabo rama ni sarbwa rama ka
  12. bayan i tamban ri sahya rama ni saja rama kabayan i marfal si yogya rama ni binda rama kabaya
  13. n i watu wsi si pahi rama ni nara ram a kabayan i singahan si basi rama ni sarat wineh wdihan tada
  14. han brat ma 5 in sowa11 sowal( apadahi si manuil.gal}' abatiol si barawrn11 men men sinuh wineh



IIA

  1. w~ihan syani himihimi brat ma 4 i!f sowarr SOWa!f citrakara maraket sowan wineh ma 10 tla
  2. s kadegan den [ i] I! wadihati pu c;la4awuk akudur pu riimya tinanman watu susuk wanagara kayu hyal} wanu
  3. t hambulu kaywarawrGka sineba kila kpuh kayu tantra taq.gulun kusamwatehesinal)Skara hiilan i Imai) sah
  4. hyan sima i pupus wetan tapal wates mwarr ri pinapan kidul ta pal watas mwa11 i limwanni tinal!~uq. kulwan tapal wates mwa!f
  5. i sawyan i paras !or sawates mwal} ri patebwan inannahan susuk watu panehal) lor niq. talaga samait
  6. kana lwa ni lmah Sal( hyal( sima i pupus kaputratlSan rahyanta sanjaya rama katmu i pupus kaki glar kaki kulup
  7. kaki srawana kaki golaka awe}). amna9ge ku 2 ri · sawwa9 kam baq mwa9 samidha pamuja i saq hya.q prasiida pawwatan sa
  8. na~taile wka wet rahyal}ta sadjaya ta tan katamana wuluwulu kri!f pa<,lam maqhuri ludan tutan airhaji katal(
  9. garan tan kalul'la~a denil( wadihati makudur rama pa ti~ wahuta rtayaka partaya samwal sumwul sima pra
  10. hajyan panurumbigyan air bulal} kamamwailan tal}kil hujul} karaq sul}giIJ tal}kil hyaq walal} salwit miSra a
  11. mwati apintu tirwan taqbiran ma!ebuh malandalJ Iebaleb sinaguhalil)gaq. s~kan trpan halu warak
  12. watu tajam limus galuh pal'l.aruhan pakalal}ka!f tepuq. kawu11 kakap gandar sukun manimpiki ha
  13. laran paguyanan wanwa hor karerenan pinilay katafigaran juru bariol nuniweh.


Referensi

  1. Boechari. 2012. "Melacak Sejarah Kuno Indonesia Lewat Prasasti". Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. 
  2. Djafar, H. 1985. Prasasti dan Historiografi. Seminar Sejarah Nasional IV: Sub Tema Historiografi.16–18 Desember, 177–216.
  3. Wibowo, Aditya Krisna and Andriyanti Rahayu. 2020. "Permasalahan Kronologis Prasasti Pupus". Paradigma Jurnal Kajian Budaya V ol 10 N o. 2 (2020).
Baca Juga

Sponsor